Memilih Kandang Ayam Terbaik
Memilih Kandang Ayam Terbaik – Usaha peternakan ayam saat ini menjadi usaha yang cukup dicari. Kebutuhan akan daging dan telur ayam semakin membuat usaha ini meningkat setiap harinya. Tidak dapat dipungkiri bahwa ayam menjadi salah satu jenis unggas yang paling banyak di konsumsi di Indonesia. Dengan meningkatnya kebutuhan konsumsi tersebut juga tentu akan meningkatkan akan kebutuhan kandang ayam yang baik juga.

Memilih Kandang Ayam Terbaik merupakan salah satu dari penentu keberhasilan dalam beternak. Karena jika ada kesalahan dalam konstruksi kandang akan berakibat fatal yang berujung adanya kerugian bagi peternak. Oleh karena itu, tidak sedikit peternak yang rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit hanya untuk melakukan desain yang sesuai standar pada kandangnya.
Kandang ayam itu sendiri dapat dilihat dari jenisnya yang dapat dibedakan berdasarkan tipe dinding, bentuk lantai, tipe pada atap dan cara pemeliharaannya. Jenis kandang berdasarkan tipe dinding dapat dibedakan menjadi kandang terbuka (Open House), Kandang semu tertutup (semi closed house), dan kandang tertutup (Closed House).

Memilih Kandang Ayam Terbaik dengan sistem terbuka merupakan kandang yang dindingnya terbuka dan biasanya terbuat dari kayu atau bamboo. Sedangkan kandang dinding tertutup atau yang biasa dikenal kandang closed house biasanya terbuat dari bahan-bahan permanen dengan didukung oleh sentuhan teknologi tinggi.
Keunggulan dan Keuntungan Kandang Ayam Starcon:
  1. Standar Mutu Baja SNI
Standar mutu baja yang digunakan untuk sebuah kandang ayam harus sesuai dengan Mutu Baja SNI. Kandang yang menggunakan baja yang sesuai SNI sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya karena melewati beberapa tahap uji coba hingga sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
  • Struktur Lebih Ringan
Dengan penggunaan rangka baja ringan dalam pembangunan kandang ayam membuat bangunan kandang memiliki struktur yang lebih ringan jika dibandingkan dengan menggunakan struktur rangka dari baja maupun kayu.
  • Konstruksi Baja Anti Karat
Baja ringan yang digunakan merupakan baja anti karat yang dilapisi coating zinc dan ada juga yang dilapisi alumunium.
  • Kerapihan dan Presisi Tinggi
Proses yang dilalui ini sudah melalui beberapa tahapan yang dimulai dari pendesainan, proses pemotongan di pabrik, hingga pemasangan di lapangan. Proses yang sudah dilalui ini akan membuat pengerjaan di lapangan menghasilkan tingkat kerapihan dan presisi yang tinggi
  • Ayam Lebih Sehat, Nyaman, dan Tenang
Ayam yang sehat di kandang tentu akan menambah hasil dari panen nantinya. Maka dari itu diperlukan kondisi kandang ayam yang nyaman dan tenang didukung dengan kondisi lingkungan di dalam kandang yang sehat dengan sirkulasi udara yang baik.
  • Mengatur Sirkulasi Udara, Suhu, dan Kelembapan
Kandang dinding tertutup tentu membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk mengatur suhu dan kelembapan yang bisa di sesuaikan. Cooling pad menjadi pilihan untuk membuat sirkulasi udara di kandang itu semakin baik yang tentunya akan membuat kondisi ayam di dalam kandang lebih baik
  • Hemat Energi
Konsep hemat energy yang ditawarkan ini menjadi konsep yang belum ada dari produsen kandang ayam lainnya. Mesikpun banyak menggunakan teknologi, penggunaannya tidak akan menambah beban pengeluaran pada energy yang ada di kandang.
  • Biaya Operasional Rendah
Efisiensi biaya yang rendah membuat para peternak bisa dengan fokus untuk mengembangkan usaha ternakny karena biaya operasionalnya yang rendah.
  • IP Akhir Tinggi
Index Performance menjadi sebuah hasil yang bisa menentukan keberhasilan dari suatu usaha, terutama peternakan. Sehingga dibutuhkan IP akhir yang tinggi untuk mencapai target saat panen.
  1. Produktifitas Meningkat
Dengan didukung oleh teknologi, kenyamanan, dan pola pemberian makan ternak yang teratur akan membuat produktifitas ayam meningkat karena di dalam kandang kondisi ayam lebih banyak yang sehat.
  1. Mortality Sangat Rendah
Mortality merupakan saka angka kematian dari ayam ternak itu sendiri. Semakin rendah nilai mortalitynya maka akan semakin tinggi dan meningkat tingkat produktifitasnya
  1. Kebocoran Minimal
Untuk mendukung angka produktifitas yang tinggi dengan mortality rendah, atap kandang ayam harus di rancang kokoh untuk melewati berbagai rintangan dari cuaca. Dengan atap yang kokoh akan meminimalisir kebocoran.
  1. Garansi Desain Struktur 10 Tahun
Garansi menjadi salah satu jaminan yang cukup penting untuk mendukung usaha anda. Dengan jangka waktu garansi yang cukup panjang, anda tidak perlu khawatir saat menjalankan bisnis.
  1. Kapasitas Lebih Besar & Tahan Lama
Dengan 3 tipe pilihan dan dapat menampung hingga 60.000 lebih ekor ayam maka sudah dapat dipastikan bahwa kandang ayam yang dipilih ini memiliki kapasitas yang lebih besar dan memiliki kekuatan yang tahan lama
  1. Free Maintenance
Ke khawatiran dari pengusaha yang sering muncul adalah soal perawatan. Hal ini akan mengakibatkan bertambahnya pengeluaran untuk sekali perawatan.
  1. Mudah di Bongkar Pasang & Customized
Selain perawatan, kekhawatiran selanjutnya adalah bagaimana jika ingin mengembangkan usaha yang sudah ada. Hal ini juga dapat mengakibatkan akan keluarnya biaya extra jika anda ingin melakukan renovasi. Tidak perlu khawatir renovasi secara keseluruhan, karena kandang ayam starcon dapat di bongkar pasang dan customized.
Starcon sebagai solusi peternak ayam modern juga memiliki 3 tipe pilihan kandang ayam, yaitu: EconoStandard, dan Prime. Variasinya pun beragam dari untuk 1 lantai hingga 3 lantai dengan ukuran standard 12m x 120m  untuk kadang ditambah 3m untuk servise area. Kapasitasnya pun cukup besar karena bisa menampung 21.000 ekor hingga 63.000 ekor ayam.
Tahap Pengerjaan:
Ada 3 tahap pengerjaan yang dilakukan Starcon sebagai ahlinya kandang ayam closed house:
  1. Proses  Desain
Proses Desain ini menjadi langkah paling awal setelah anda memutuskan memilih Starcon untuk kandang ayam anda. Pada proses desain ini dilakukan untuk menyesuaikan beberapa hal seperti kebutuhan ternak ayam, hingga menyesuaikan ketersediaan lahan yang ada.
  • Fabrikasi
Proses fabrikasi ini dilakukan setelah proses desain selesai dilakukan. Proses ini nantinya akan dilakukan pengukuran dan pemotongan rangkaian bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembangunan kandang ayam. Proses ini dilakukan agar kandang ayam yang akan dibangun sesuai dengan desain yang sudah dirancang. Dengan menggabungkan proses PEB (Pre Enginereed Building), Keahlian bidang peternakan, dan konstruksi bangunan secara keseluruhan.
  • Instalasi
Setelah melakukan proses fabrikasi, proses ketiga atau proses terakhir adalah dilakukan proses instalasi. Proses ini dilakukan oleh para ahli bangunan yang sudah teruji dan tersertifikasi serta memiliki pengalaman yang cukup banyak, karena pemasangan kandang ayam starcon tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang untuk mendapatkan hasil yang terbaik pada kandang ayam.
Baca artikel lainnya di peternak.net
Sumber: Starcon
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: