Harga Hewan Kurban 2019
Harga Hewan Kurban 2019 – Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban identik dengan penyembelihan serta pembagian daging hewan yang dipotong. Pada tahun 2019 ini, Hari Raya Idul Adha jatuh pada Hari Minggu, 11 Agustus 2019 berdasarkan keputusan sidang isbat yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia. Penentuan ini didasarkan hasil pemantauan hilal di sejumlah titik di Indonesia. Dari 90 titik lokasi rukyatul hilal yang dilakukan oleh tim Hisab Rukyat Kemenag, ada 10 titik yang melihat hilal.
Hewan ternak yang digunakan untuk kurban yaitu sapi, domba, atau kambing. Tentunya hewan-hewan ini merupakan hewan yang bisa dipilih di Indonesia. Hari Raya kurban ini sudah dijanjikan akan mendapatkan berbagai macam keutamaan. Salah satunya sebagai bukti ketakwaan bagi umat muslim terhadap sang pencipta-Nya. Keutamaan lainnya adalah orang yang berkurban akan mendapatkan ampunan dari dosa-dosa yang telah diperbuat dan mendapatkan amalan kebaikan sehingga akan memberikan kemudahan dalam urusan. Sifat dalam berkurban ini merupakan Sunnah, menyesuaikan dari kemampuan setiap orang.
Bagi anda yang memiliki rezeki berlebih dan ingin berkurban, berikut adalah daftar harga hewan kurban tahun 2019 yang dihimpun dari berbagai sumber;
Harga Kambing Jenis Gibas
Jenis kambing Gibas adalah salah satu jenis kambing yang banyak dicari untuk dijadikan kurban. Jenis kambing ini memiliki ciri berat badan yang tinggi serta cara pemeliharaannya mudah. Kambing Gibas memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat, sehingga mudah untuk diternakkan. Kambing ini juga digunakan sebagai hewan aqiqah maupun hewan kurban.
Kambing jenis Gibas memiliki dua jenis, yaitu kambing gibas ekor tipis dan gambing gibas ekor gemuk. Kambing gibas ekor tipis merupakan kambing asli Indonesia dan dapat dengan mudah ditemui di Jawa Barat dan Jawa Tengah.
Ciri kambing gibas ekor tipis memiliki tubuh kecil, bulu kasar, dan warna corak antara hitam, putih, dan bercak coklat. Sedangkan kambing gibas ekor gibas ekor gemuk memiliki ciri ekor yang kasar, panjang, dan tidak memiliki tanduk serta ukuran kepalanya yang besar.
Untuk harganya sendiri, kambing gibas betina berkisar antara Rp.600.000 – Rp.1.600.000. Sedangkan harga kambing gibas jantan berkisar antara Rp.1.000.000 – Rp2.400.000.
Harga Kambing Jenis Kacang
Kambing jenis kacang merupakan salah satu jenis kambing yang dikonsumsi dagingnya, sehingga kambing jenis ini merupakan salah satu jenis kambing yang cukup banyak dijadikan hewan kurban.
Ciri dari kambing kacang yaitu memiliki corak yang berwarna hitam, putih, coklat, dan memiliki kombinasi diantara ketiga warna tersebut. Kambing jenis ini memiliki bentuk kepala yang kecil dan ringan, juga memiliki tubuh kecil dan memiliki tanduk yang pendek.
Jenis kambing ini banyak ditemukan di Indonesia. Harga kambing ini juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kambing lainnya. Harga pasaran untuk kambing jenis kacang ini berkisar antara Rp.800.000 hingga Rp.2.300.000. Sedangkan harga kambing jantan berkisan Rp.1.000.000 hingga Rp.2.600.000.
Harga Kambing Jenis Boerawa
Kambing jenis Boerawa merupakan salah satu jenis kambing yang bukan berasal dari Indonesia. Jenis kambing ini merupakan hasil persilangan antara kambing peternakan etawa dengan kambing jenis bier.
Ciri kambing boerawa ini memiliki corak warna putih namun pada bagian leher hingga kepala didominasi warna hitam. Kambing ini memiliki tanduk disertai telinga yang panjang juga memiliki ciri kaki panjang disertai tubuhnya yang cukup kecil.
Harga kambing jenis ini memiliki kisaran harga untuk jenis betina Rp.700.000 sampai Rp.2.000.000, sedangkan untuk kambing jantan memiliki kisaran harga Rp.800.000 sampai Rp.2.100.000.
3 jenis kambing diatas merupakan jenis kambing yang paling populer dan banyak dicari terutama saat menjelang Hari Raya Idul Adha. Harganya bisa saja naik menjelang hari H karena biasanya permintaannya semakin meningkat.
Jika anda memiliki rezeki lebih untuk melaksanakan kurban dengan membeli hewan ternak diatas kambing, anda bisa menjatuhkan pilihan pada Sapi. Meskipun harganya jauh lebih mahal daripada Kambing, Sapi tetap laku dipasaran terutama menjelang hari raya kurban ini. Untuk Sapi, harganya memang bisa menyentuh angka yang fantastis.
Berikut adalah daftar harga beberapa jenis sapi yang dapat dipertimbangkan sebagai hewan kurban:
Sapi Limousin
Sapi Limousin merupakan salah satu jenis sapi yang memiliki harga yang fantastis. Sapi jenis ini memiliki pertambahan bobot badan harian yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan sapi lokal. Sapi jenis ini memiliki kualitas daging yang empuk, padat, dan memiliki tekstur bagus.
Harga Sapi Limousin dengan bobot 1,8 ton dan berumur 2 hingga 3 tahun, harganya berkisar sekitar Rp.25.000.000 hingga Rp.50.000.000 bahkan bisa menyentuh hingga diatas harga kisaran tersebut.
Sapi Simental
Sapi Simental merupakan salah satu jenis sapi yang berasal dari daratan Simme, Swiss. Jika dilihat sebagai fungsinya, sapi simental merupakan sapi jenis pedaging dan perah. Sapi ini bisa diambil daging maupun susu dari sapi yang bisa dikonsumsi.
Pertumbuhan sapi simental ini tergolong cepat. Sapi jantan saja dapat mencapai bobot sekitar 1-2 ton.
Perkiraan harga sapi simental berkisar antara Rp.20.000.000 hingga Rp.50.000.000 untuk ukuran kecil sampai sedang. Sedangkan untuk ukuran jumbo, berkisar antara Rp.80.000.000 hingga Rp.100.000.000.
Sapi Peranakan Ongole
Sapi Peranakan Ongole memiliki sebutan populer yaitu sapi putih. Sapi jenis ini merupakan persilangan dari Ongole asal India dan lokal Indonesia. Jenis sapi ini banyak dijadikan hewan kurban bagi kalangan menengah ke bawah. Hal itu dikarenakan harga sapi PO yan cukup relatif murah.
Untuk harga sapi bakalan Peranakan Ongole berkisar antara Rp.11.000.000 hingga Rp.13.000.000. Sedangkan untuk harga jual sapi Peranakan Ongole siap kurban berkisar antara Rp17.000.000 hingga Rp.20.000.000. Harga ini terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan Sapi Simental maupun Limosin, baik untuk bakalan dan sapi siap kurban.
Nah, harga hewan kurban 2019 ini berdasarkan harga di pasaran ya. Bisa saja lebih rendah atau bahkan lebih tinggi sesuai dengan permintaan dan sesuai dengan stok yang ada dari peternak.
Sumber: Google
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: