Peternakan Ayam dan Perkembangannya di Indonesia
Peternakan Ayam – Ayam merupakan salah satu jenis unggas dan hewan ternak yang paling populer di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga hampir merata di seluruh dunia. Masakan dengan olahan berbahan dasar ayam akan dengan sangat mudah ditemukan di manapun.
Jika dilihat secara demografi, Indonesia yang memiliki penduduk kurang lebih 250 juta jiwa ini setiap tahunnya terus mengalami peningkatan angka untuk konsumsi daging terutama daging ayam. Meskipun pola konsumsinya masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia memiliki tren daya beli masyarakat kedepan yang semakin meningkat menyesuaikan pendapatan masyarakat, gaya hidup, pola konsumsi maupun tingkat pendidikan yang semakin menyadari akan pentingnya mengkonsumsi makanan yang memiliki nilai gizi yang baik.
Industri peternakan ayam sendiri menjadi salah satu industri peternakan yang cukup memiliki prospek yang sangat cerah. Ayam bisa dimanfaatkan menjadi berbagai olahan makanan yang berasal dari daging, telur, maupun bagian tubuh ayam lainnya.
Lalu, apa saja jenis ayam ternak yang sering dikembang-biakkan di Indonesia?

Jenis Peternakan Ayam

Ayam Breeder

Ayam breeder adalah salah satu ayam pembibit yang salah satu usaha peternakan yang memelihara ayam indukan (parent stock) untuk menghasilkan bibit yang baik atau ayam indukan yang menghasilkan telur tetas. Ayam breeder ini bisa disebut sebagai ayam pembibit. Ayam jenis ini nantinya akan menghasilkan telur tetas sesuai standar dan kualitas yang baik apabila dipelihara dengan prinsip manajemen pemeliharaan yang benar.
Ayam breeder ini memiliki peran yang cukup penting karena ayam dengan produktivitas tinggi diperoleh dari bibit yang baik. Maka dari itu ayam breeder harusnya berasal dari bibit terbaik.
Tujuan utama dari ayam breeder ini adalah untuk mencetak bibit-bibit ayam yang unggul. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan melakukan seleksi indukan yang akan dibiakkan. Indukan akan menjadi kunci penting karena akan menghasilkan sifat anakan yang dihasilkan. Prinsip sederhananya adalah indukan yang baik akan menghasilkan keturunan yang baik.

Ayam Broiler

Ayam broiler atau yang disebut ayam ras pedaging adalah salah satu jenis ras unggulan yang berasal dari persilangan bangsa-bangsa ayam yang memiliki daa produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam. Ayam broiler merupakan hasil perkawinan silang dan sistem berkelanjutan yang membuat mutu genetiknya bisa dikatakan baik.
Ayam broiler merupakan ternak paling ekonomis jika dibandingkan dengan ternak lainnya. Kelebihan dari ayam jenis ini adalah kecepatan pertambahan atau produksi daging dalam waktu yang relatif cepat dan singkat dengan waktu 4 sampai 5 minggu produksi daging sudah bisa dipasarkan maupun dikonsumsi. Keunggulan ayam broiler lainnya adalah pertumbuhannya yang sangat cepat dengan bobot badan yang tinggi dalam waktu yang relatif pendek, konversi pakan kecil, siap dipotong pada usia muda serta menghasilkan kualitas daging berserat lunak.
Perkembangan yang cukup pesat dari ayam ras pedaging ini adalah upaya untuk mengimbangi kebutuhan masyarakat terhadap daging ayam. Perkembangan ini juga harus didukung oleh penguatan industri hilir seperti perusahaan pembibitan ayam (Breeding Farm).

Ayam Layer

Ayam layer adalah salah satu jenis ayam petelur. Berbeda dengan ayam broiler, ayam petelur ini dimanfaatkan dan dikembangbiakkan untuk diambil telurnya. Ayam jenis ini menghasilkan telur yang dapat dibudidayakan maupun dijual. Hal ini diakibatkan kebutuhan akan telur yang terus meningkat.
Sama seperti ayam pedaging, ayam petelur ini dimanfaatkan telurnya untuk menjadi salah satu bahan olahan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat.
Ada dua kelompok ayam petelur yaitu ayam petelur tipe medium dan ayam petelur tipe ringan. Ayam tipe medium adalah ayam yang memiliki berat badan antara ayam tipe ringan dan ayam tipe berat. Ciri-ciri ayam tipe medium adalah 1) ukuran badan lebih besar dan lebih kokoh daripada ayam tipe ringan, serta berperilaku tenang; 2) timbangan badan lebih berat daripada ayam tipe ringan karena jumlah daging dan lemaknya lebih banyak; 3) otot-otot kaki dan dada lebih tebal; 4) produksi telur cukup tinggi dengan kulit telur tebal dan berwarna cokelat.
Setelah mengetahui jenis ayam yang biasa menjadi ternak, sekarang mari kita bahas jenis-jenis kandang ayam yang ada di Indonesia.

Jenis Kandang Ternak Ayam

Kandang ayam merupakan salah satu dari penentu keberhasilan dalam beternak. Karena jika ada kesalahan dalam konstruksi kandang akan berakibat fatakl yang berujung adanya kerugian bagi peternak. Oleh karena itu, tidak sedikit peternak yang rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit hanya untuk melakukan desain yang sesuai standar pada kandangnya.
Kandang ayam terbaik itu sendiri dapat dilihat dari jenisnya yang dapat dibedakan berdasarkan tipe dinding, bentuk lantai, tipe pada atap dan cara pemeliharaannya. Jenis kandang berdasarkan tipe dinding dapat dibedakan menjadi kandang terbuka (Open House), Kandang semu tertutup (semi closed house), dan kandang tertutup (Closed House).

Kandang Open House

Kandang ayam open house adalah salah satu kandang yang biasa disebut dengan kandang ayam sistem terbuka. Kandang ayam jenis dinding ini biasanya menggunakan bambu sebagai bahan dasar kandang yang disusun secara sejajar dan vertikal atau menggunakan kawat ram yang membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.
Kandang jenis memiliki keuntungan yaitu memiliki biaya yang relatif rebih murah jika dibandingkan dengan kandang tertutup. Hal ini karena material yang digunakan pun cukup mudah didapatkan.
Kelemahan dari jenis kandang terbuka ini adalah sulit mencapai suhu normal yang dibutuhkan oleh ayam yaitu 21 sampai 27 derajat dan kelembapannya hanya berkisar pada angka 60%. Selain itu, kandang ini juga bisa menimbulkan polusi udara yang dihasilkan dari ayam yang manajemen kandangnya tidak baik.

Kandang Ayam Closed House

Kandang ayam closed house atau yang biasa dikenal dengan kandang ayam dinding tertutup ini merupakan jenis kandang ayam yang menggunakan dinding yang tertutup rapat dengan dipadukan teknologi yang saat ini sedang berkembang. Dengan menggunakan sistem ini, pengontrolan udara pada kandang full menggunakan teknologi.
Standar Mutu Baja SNI
Standar mutu baja yang digunakan untuk sebuah kandang ayam harus sesuai dengan Mutu Baja SNI. Kandang yang menggunakan baja yang sesuai SNI sudah tidak bisa diragukan lagi kualitasnya karena melewati beberapa tahap uji coba hingga sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
Struktur Lebih Ringan
Dengan penggunaan rangka baja ringan dalam pembangunan kandang ayam membuat bangunan kandang memiliki struktur yang lebih ringan jika dibandingkan dengan menggunakan struktur rangka dari baja maupun kayu.
Konstruksi Baja Anti Karat
Baja ringan yang digunakan merupakan baja anti karat yang dilapisi coating zinc dan ada juga yang dilapisi alumunium.
Kerapihan dan Presisi Tinggi
Proses yang dilalui ini sudah melalui beberapa tahapan yang dimulai dari pendesainan, proses pemotongan di pabrik, hingga pemasangan di lapangan. Proses yang sudah dilalui ini akan membuat pengerjaan di lapangan menghasilkan tingkat kerapihan dan presisi yang tinggi
Ayam Lebih Sehat, Nyaman, dan Tenang
Ayam yang sehat di kandang tentu akan menambah hasil dari panen nantinya. Maka dari itu diperlukan kondisi kandang ayam yang nyaman dan tenang didukung dengan kondisi lingkungan di dalam kandang yang sehat dengan sirkulasi udara yang baik.
Mengatur Sirkulasi Udara, Suhu, dan Kelembapan
Kandang dinding tertutup tentu membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk mengatur suhu dan kelembapan yang bisa di sesuaikan. Cooling pad menjadi pilihan untuk membuat sirkulasi udara di kandang itu semakin baik yang tentunya akan membuat kondisi ayam di dalam kandang lebih baik
Hemat Energi
Konsep hemat energy yang ditawarkan ini menjadi konsep yang belum ada dari produsen kandang ayam lainnya. Mesikpun banyak menggunakan teknologi, penggunaannya tidak akan menambah beban pengeluaran pada energy yang ada di kandang.
Biaya Operasional Rendah
Efisiensi biaya yang rendah membuat para peternak bisa dengan fokus untuk mengembangkan usaha ternakny karena biaya operasionalnya yang rendah.
IP Akhir Tinggi
Index Performance menjadi sebuah hasil yang bisa menentukan keberhasilan dari suatu usaha, terutama peternakan. Sehingga dibutuhkan IP akhir yang tinggi untuk mencapai target saat panen.
Produktifitas Meningkat
Dengan didukung oleh teknologi, kenyamanan, dan pola pemberian makan ternak yang teratur akan membuat produktifitas ayam meningkat karena di dalam kandang kondisi ayam lebih banyak yang sehat.
Mortality Sangat Rendah
Mortality merupakan saka angka kematian dari ayam ternak itu sendiri. Semakin rendah nilai mortalitynya maka akan semakin tinggi dan meningkat tingkat produktifitasnya
Kebocoran Minimal
Untuk mendukung angka produktifitas yang tinggi dengan mortality rendah, atap kandang ayam harus di rancang kokoh untuk melewati berbagai rintangan dari cuaca. Dengan atap yang kokoh akan meminimalisir kebocoran.
Garansi Desain Struktur 10 Tahun
Garansi menjadi salah satu jaminan yang cukup penting untuk mendukung usaha anda. Dengan jangka waktu garansi yang cukup panjang, anda tidak perlu khawatir saat menjalankan bisnis.
Kapasitas Lebih Besar & Tahan Lama
Dengan 3 tipe pilihan dan dapat menampung hingga 60.000 lebih ekor ayam maka sudah dapat dipastikan bahwa kandang ayam yang dipilih ini memiliki kapasitas yang lebih besar dan memiliki kekuatan yang tahan lama
Free Maintenance
Ke khawatiran dari pengusaha yang sering muncul adalah soal perawatan. Hal ini akan mengakibatkan bertambahnya pengeluaran untuk sekali perawatan.
Mudah di Bongkar Pasang & Customized
Selain perawatan, kekhawatiran selanjutnya adalah bagaimana jika ingin mengembangkan usaha yang sudah ada. Hal ini juga dapat mengakibatkan akan keluarnya biaya extra jika anda ingin melakukan renovasi. Tidak perlu khawatir renovasi secara keseluruhan, karena kandang ayam starcon dapat di bongkar pasang dan customized.
Ternak ayam itu sendiri memiliki prospek yang cukup tinggi. Hal ini dilihat dari kebutuhan masyarakat akan ayam di pasaran yang semakin meningkat. Memiliki peternakan ayam dengan managemen yang baik akan memengaruhi hasil akhir dari ternak tersebut.
Sumber: Google
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: