Memulai Peternakan Ayam Broiler
Memulai Peternakan Ayam Broiler – Peternakan ayam menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan hingga saat ini. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan ayam terutama ayam broiler terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, masa ternak ayam yang singkat membuat peternakan ayam menjadi sangat menguntungkan. Jika dibandingkan dengan ternak ayam kampung, beternak ayam broiler ini memiliki masa panen yang lebih cepat jika dibandingkan dengan ayam kampung, meskipun ayam broiler harga di pasaran lebih rendah daripada ayam kampung.
Beternak ayam memang susah-susah gampang, ada berbagai macam risiko yang harus ditanggung seperti kematian ayam yang diakibatkan oleh penyakit maupun virus. Akan tetapi, hal tersebut dapat diatasi.

Berikut adalah tips untuk memulai peternakan ayam broiler:

Modal

Modal adalah hal pertama yang pertama yang harus dipersiapkan sebelum mendirikan sebuah usaha peternakan. Modal awal yang dimiliki akan menentukan arah bisnis peternakan, sepert; menggunakan jenis kandang closed house atau open house, pembelian peralatan, supply pakan, vitamin dan berbagai hal lainnya. Dengan perincian yang matang, maka akan didapatkan berapa modal awal yang harus di keluarkan. Jangan sampai saat bisnis peternakan ayam ini sudah berjalan harus terhenti karena kekurangan mudal.

Mengurus Perizinan

Perizinan adalah hal kedua yang harus dipikirkan ketika akan mendirikan sebuah peternakan. Mengurus perizinan dengan baik akan melancarkan usaha peternakan. Dengan mengurus perizinan secara baik akan meminimalisir permasalahan yang ada dan tidak akan menimbulkan perizinan di kemudian hari.
Sebuah peternakan biasanya memiliki permasalahan pada izin pendirian usaha yang nantinya bisa bersinggungan dengan aktivitas peternakan serta terkait limbah peternakan.

Sarana dan Prasarana Memadai

Hal selanjutnya yang harus diketahui adalah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Misalnya saja membuat kandang yang ideal untuk peternakan tersebut dan masih banyak hal lainnya.
Kandang ayam akan sangat berpengaruh terhadap sebuah kesuksesan peternakan ayam. Saat ini sudah ada beberapa aplikator yang memang membuat kandang ayam terbaik, starcon salah satunya. Dengan beberapa project kandang ayam yang telah dikerjakan dan sedang berjalan membuat starcon menjadi aplikator kandang ayam terpercaya.
Selain kandang ayam, aspek lain yang harus diperhatikan seperti listrik dan air yang mencukupi. Dan juga memiliki akses jalan yang cukup mudah untuk proses supply dan pengiriman ayam saat panen.

Memahami Harga Pasar

Untuk menjadi seorang pengusaha terutama usaha ternak ayam tentu harus memahami harga pasar. Harga pasar ini menjadi penting untuk keberlangsungan penjualan dan distribusi peternakan. Jangan sampai harga yang ditawarkan terlalu rendah dengan harga pasar. Memahami harga pasar juga akan menentukan keuntungan dan kerugian dari usaha yang ada.

Merawat dan Memelihara Ayam Dengan Baik

Seorang peternak ayam broiler yang baik pasti memahami tentang cara merawat dan memelihara ayam dengan baik. Dengan memahami cara perawatan yang baik, peternakan ayam broiler bisa berjalan dengan lancar dan tentunya akan menghasilkan profit.
Ilmu dan wawasan yang cukup ini menjadi penting jika ingin peternakan berjalan dengan lancar. Cara yang bisa dilakukan dengan mengikuti komunitas, seminar, atau bertanya kepada peternak yang sudah sukses dengan bisnis peternakan ini. Tanyakan kepada ahlinya.
Itulah cara untuk memulai peternakan ayam broiler.
Sumber: Starcon
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: