Tujuan Kesehatan Hewan Ternak
Tujuan Kesehatan Hewan Ternak Itu – Dasar filosofis: Seperti halnya dengan kesehatan manusia, hewan juga harus sehat, karena hewan juga mahluk hidup. Hewan juga sebagai karunia dan amanat Allah SWT yg mempunyai peranan penting dalam penyediaan pangan asal hewan dan hasil hewan lainnya serta jasa bagi manusia yang pemanfataannya perlu diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat. Artinya, jika hewan ternak sehat, maka diharapkan mampu meningkatkan produktivitas peternakan. Oleh karena itu, tujuan Pemeliharaan Kesehatan Hewan ternak ada tiga:
  1. Untuk hewan ternak itu sendiri, yakni hewan menjadi sehat, mampu berproduksi bahkan produksinya dapat meningkat, dll
  2. Untuk hewan ternak lain: Jika ternak sehat dan tidak sakit, ini tidak menulari ternak lainnya. hal ini karena ada beberapa penyakit ternak yang dapat menular ke sesama ternak (antar ternak) atau lintas ternak.
  3. Untuk Peternak, jika hewan sehat, Peternak dapat mengambil untung dari peningkatan hasil produksi peternakan tersebut. Seperti peternak dapat menjual ternaknya dengan harga tinggi jika ternaknya sehat, atau jika ternaknya sehat, produksi susu (untuk sapi perah/kambing perah), daging (untuk sapi potong/kerbau/domba/ayam potong) dan telur (untuk ayam) dari ternak tersebut akan meningkat. Sehingga dari segi ekonomi, pemeliharaan Kesehatan Hewan ternak bertujuan juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat (peternak).
Untuk masyarakat secara umum, dengan menjaga kesehatan ternak, diharapkan dapat menjaga dan melindungi masyarakat umum dari bahaya zoonosis. Karena ternyata ada banyak penyakit ternak dan atau bahan pangan asal ternak yang dapat menular ke manusia (dinamakan zoonosis). Seperti Anthraks, flu burung, Penyakit mulut dan kuku (PMK), sapi Gila dll
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: