Siapa bilang kalau punya gaji UMR tidak bisa menabung dan investasi? Sekecil apapun gaji Anda tetap dapat menabung, lho! Begitu pun sebaliknya, sebesar apapun gaji Anda tetap tidak akan dapat menabung jika keuangan tidak diatur dengan baik.

Jika melihat contoh nyata yang ada, maka Anda juga dapat melihat beberapa orang sukses yang ada bukan karena kepintaran yang dimiliki, melainkan karena kehebatan mereka dalam berinvestasi. Tentunya investasi dapat mulai dilakukan saat Anda mulai menabung secara rutin.

Dalam artikel kali ini, KoinWorks membahas tips untuk dapat menabung walaupun dengan gaji pas-pasan. Gaji UMR alias upah minimum regional di setiap daerah mungkin berbeda, namun dalam hal ini, akan diambil contoh UMR DKI Jakarta sebesar Rp 3,3 juta.

Berikut tips dan trik agar Anda tetap dapat menabung dengan mudah:

Tips Menabung dan Investasi Hanya Dengan Gaji UMR

1. Biaya Tempat Tinggal

Jika Anda adalah seorang perantauan di Jakarta, tentunya merupakan suatu keharusan untuk mencari tempat tinggal sebagai tempat beristirahat setelah menjalankan aktivitas seharian.

Tentunya Anda harus mencari tempat tinggal yang murah, dan biasanya tempat kost menjadi solusi terbaik. Beberapa tempat kost masih ada yang memiliki harga sewa sebesar Rp 500ribu per bulan loh! Biasanya harga tersebut sudah termasuk juga biaya listrik.

Selain kost, bila Anda memang berdomisili di Jakarta, atau mungkin memiliki keluarga yang tinggal di Jakarta, maka biaya ini dapat dihilangkan.

Pengeluaran: Rp 500 ribu (biaya tempat tinggal)

2. Biaya Makan

Anda dapat menikmati makanan murah di Jakarta dengan berkunjung ke warung tegal atau biasa disebut dengan warteg. Biaya makan yang dibutuhkan biasanya berkisar antara 10-15ribu untuk sekali makan.

Jika diasumsikan bahwa biayanya adalah 15ribu maka 15×3= Rp 45ribu. Ini artinya Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 45 ribu untuk makan satu hari.

Lalu bila disebulankan maka Rp 45 ribu x 30 = Rp 1.350.000. Sangat murah bukan untuk biaya makan?

Namun, tentunya Anda perlu sesekali melakukan sosialisasi, baik bersama teman maupun pacar, dong? Untuk menikmati makan di kafe biasanya akan habis sekitar Rp 50 ribu untuk sekali makan.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena akan selalu ada jalan untuk berhemat. Untuk mengatur keuangan sebagai pengganti akhir pekan, Anda dapat memilih makan yang lebih hemat saat hari biasa.

Contohnya adalah memilih menu berupa telur dan nasi saat makan di warteg. Harga yang perlu dibabayarkan pasti akan lebih murah dari biasanya. Mau lebih murah lagi? Anda juga dapat membeli bahan makanan dan memasaknya sendiri.

Pengeluaran: Rp 1.350.000

3. Transportasi

Jika Anda berdomisilidi pinggiran Jakarta, seperti Depok atau Bekasi, estimasi ongkos pulang pergi dari rumah-kantor setiap hari adalah Rp 30 ribu dengan menggunakan angkutan umum. Atau Anda juga dapat menggunakan kereta sebagai solusi yang lebih murah.

Biasanya Anda hanya akan perlu membayar sekitar Rp 7 ribu untuk tiket pulang pergi jakarta-depok dengan menaiki kereta. Untuk ongkos angkutan umum Rp 30 ribu sehari, pengeluaran total sebulan (20 hari kerja) adalah Rp 30 ribu x 20 = Rp 600 ribu. Jika menggunakan kereta maka Rp 7 ribu x 20 = Rp 140 ribu.

Bila Anda menggunakan sepeda motor pribadi, maka cukup sesuaikan saja jarak tempuh rumah-kantor. Umumnya, bensin Pertamax Rp 20 ribu dan dapat dipakai 3 hari dengan jarak tempuh 25 kilometer.

– Pengeluaran: Rp 600 ribu (angkutan umum)
– Rp 140 ribu (menaiki kereta)

4. Tabungan

Sebagian orang akan menggunakan gaji terlebih dahulu, lalu menabung sisanya. Jika Anda memang berniat untuk menabung, pastikan Anda membalik siklus diatas. Anda harus menyisihkan uang untuk ditabung dahulu, barulah Anda menggunakan sisanya untuk kehidupan sehari-hari.

Dalam hal menabung, sudah merupakan suatu kewajiban untuk dapat menentukan jumlah uang yang memang harus ditabungkan setiap bulannya.

Tentunya kedisiplinan dalam menabung ini akan Anda nikmati di masa depan. Lalu berapa persen dari gaji yang seharusnya ditabungkan?

Beberapa pakar keuangan merekomendasikan sebesar 10 persen dari total penghasilan untuk ditabungkan. Setidaknya uang sejumlah Rp 300 ribu setiap bulannya harus ditabungkan.

Setelah total tabungan mencapai 6x gaji, Anda dapat mulai untuk melakukan investasi. Perlu diingat bahwa tabungan bukanlah merupakan investasi, karena bunga yang dimiliki sangatlah kecil.

Jika Anda hanya berharap dari tabungan, maka tentunya inflasi akan menjadi musuh terbesar Anda di masa depan.

Pengeluaran: Rp 300 ribu

5. Dana Darurat

Menyisihkan uang untuk dana darurat tidak kalah pentingnya dengan menabung. Dana darurat biasanya dipakai jika ada kejadian darurat yang terjadi, seperti jatuh sakit, kecelakaan, atau kejadian-kejadian tak terduga lainnya.

Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat menabung sebesar Rp 100 ribu. Sebagai solusi lain, Anda juga dapat mulai mendaftarkan diri ke asuransi sebagai jaminan jika terjadi sakit.

Pastikan Anda memiliki salah satu hal mendasar ini, karena seperti yang kita ketahui bahwa zaman sekarang ini kesehatan adalah sesuatu yang mahal harganya.

Pengeluaran: Rp 100 ribu

Investasi Hanya dengan Gaji UMR

Sekecil apapun uang yang dapat Anda investasikan, tetap sadari bahwa investasi itu sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin. Dengan berinvestasi sedini mungkin, hasil investasi Anda pun mampu menopang keuangan Anda di masa mendatang.
Axact

BAJA RINGAN

Sebuah sistem rangka atap baja ringan berteknologi tinggi hasil pengembangan teknologi industri konstruksi yang tak berkesudahan dengan jaminan kekuatan dan kelayakan struktur yang sesuai dengan standar-standar keamanan konstruksi yang ada.

Post A Comment:

0 comments: